Friday, June 14, 2013

Contoh Latar Belakang Masalah

Latar Belakang 

Dalam era teknologi seperti sekarang ini perkembangan teknologi telekomunikasi dan penyimpanan data yang menggunakan komputer memungkinkan pengiriman data jarak jauh merupakan salah satu metode cepat dan relatif murah. Namun pengiriman data jarak jauh seperti ini yang bisa menggunakan sarana internet ataupun berupa gelombang radio dan media lain, tidak menjamin keamanan pada data tersebut. Akan sangat memungkinkan adanya pihak lain yang dapat menyadap dan mengubah data yang dikirim. Sehingga data yang diterima akan merubah atau bahkan akan hilang, tidak diterima oleh sipenerima. 

Memasuki era teknologi informasi sekarang ini, berbagai ilmuan dalam bidang ilmu teknologi telah mengembangkan berbagai cara dalam mengatasi permasalahan sistem keamanan suatu dalam suatu data. Mereka mengembangkan berbagai cara untuk menangkal serangan – serangan yang bisa mengancam keamanan data. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode penyandian pesan yang disebut sebagai ilmu kriptografi yang menggunakan transformasi data sehingga data yang dihasilkan tidak dapat dimengerti oleh pihak ketiga. 

Transformasi ini memberikan solusi pada dua masalah keamanan data, yaitu masalah privasi (privacy) dan keautentikan (authentication). Privasi mengandung arti bahwa data yang dikirim hanya dapat dimengerti oleh penerima yang sah. Sedangkan keautentikan mencegah pihak ketiga untuk mengirimkan data yang salah atau mengubah data yang dikirimkan. Sehingga pengiriman data akan menjadi lebih secure terhadap serangan dari pihak ketiga yang tidak berhak merubah semua informasi pada data – data tersebut. 



1.2 Tujuan Penulis 

Masalah keamanan dan kerahasiaan data merupakan salah satu aspek yang sangat penting dari suatu sistem informasi. Hal ini sangat berhubungan dengan betapa pentingnya informasi tersebut dikirim dan diterima oleh orang yang berkepentingan terhadap data. Informasi tidak akan berguna lagi apabila ditengah jalan pengiriman data dibajak atau disadap oleh orang yang tidak berhak. Informasi pada data akan hilang keasliannya sehingga pihak penerima akan mendapatkan informasi yang beda. 

Keamanan dan kerahasiaan data terkait pada sistem jaringan komputer yang menjadi isu sangat penting dan terus berkembang. Pada garis besarnya, masalah kemanan jaringan dapat dibagi menjadi empat bagian yang saling berhubungan satu sama lain, yakni, kerahasisaan, keaslian, pengakuan, dan kontrol integritas. Kerahasiaan harus dilakukan dengan menjauhkan informasi dari orang – orang yang tidak berhak , keaslian berkaitan dengan menentukan dengan siapa anda berbicara sebelum memberikan informasi yang sensitif atau memasuki perjanjian bisnis, sedangkan pengakuan berkaitan dengan tanda tangan. 

Selain keamanan dan kerahasiaan pada jaringan komputer, konsep ini juga berlaku untuk keamanan dan kerahasiaan data pada internet. Dikarenakan internet akan dapat diakses oleh semua kalangan, maka keamanan dan kerahasiaan data akan menjadi hal yang terpenting demi kenyaman antara kedua pihak. Informasi yang terkandung didalam jaringan internet tersebut juga semakin lengkap, akurat, dan penting yang perlu mendapat perlakuan yang lebih spesifik. 

Pada perkembangannya, dunia komputer selalu mengupdate sistem operasi pada komputer dan utilitas sehingga tingkat performansi, kehandalan, dan fleksibilitas sistem software akan menjadi hal yang utama dalam proses perngembangan software. Dengan semakin penting dan berharganya sebuah informasi tersebut dan ditunjang oleh kemajuan pengembangan software, tentunya menambah daya tarik bagi para pembobol (hacker) dan penyusup untuk terus melakukan eksperimennya guna menemukan dan mempergunakan setiap kelemahan yang ada dari konfigurasi sistem informasi yang telah ditetapkan. 

Dari masalah yang terjadi diatas muncullah ide penulis untuk dapat membuat suatu makalah yang nantinya dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan diatas. Adapun maksud tujuan dari penulisan makalah ini adalah memberikan suatu metode yang dapat memberikan pengamanan data melalui jalur internet sehingga akan dapat mempermudah dan memberikan kenyamanan dalam menggunakan fasilitas internet untuk dunia usaha. Penulis juga bermaksud untuk menjadikan makalah ini sebagai bahan pembelajaran dalam dunia informatika sehingga dapat melahirkan orang – orang yang berkompeten dalam mengembangkan teknologi di Indonesia. 



1.3 Metode Penelitian 

Agar dapat memperoleh kenyaman dan kemudahan dalam melakukan transfer data, perlu dibuat suatu sistem yang dapat menjaga keamanan dan kerahasiaan data pada suatu sistem jaringan komputer. Sistem yang diperlukan melingkupi beberapa jenis enkripsi agar informasi tidak dapat dibaca atau dimengerti oleh sembarang orang kecuali oleh penerima yang berhak. 

Dunia internet merupakan dunia maya yang setiap orang bisa masuk kedalamnya sehingga banyak sekali media yang tersedia sebagai alat komunikasi yang dapat membantu para pengguna komunikasi. Berbagai macam alat komunikasi yang tersedia, diantaranya adalah web, mail, milis dan sebagainya. Semakin banyak orang memanfaatkan layanan komunikasi didalam media internet tersebut maka semakin banyak juga muncul permasalahan, apalagi ditambah dengan adanya hacker dan cracker. Lalu orang – orang pun berusaha mencari cara agar dapat mengamankan informasi yang dikirimkannya, atau menyiasati bagaimana cara mendeteksi keaslian dari informasi yang diterimanya. 

Melihat dari situasi diatas demi terwujudnya suatu sistem keamanan, penulis mencoba melihat permasalahannya dengan meneliti semua sistem yang behubungan dengan informasi yang berada didalam dunia maya. Adapun penelitian yang digunakan oleh penulis dalam membuat makalah ini adalah melalui literatur dari beberapa bahan – bahan situs internet dan buku yang berhubungan dengan sistem keamanan E-mail dan juga dengan berpegang prinsip pada sistem Kriptografi yang merupakan suatu seni atau ilmu penulisan rahasia informasi. Penulis juga melakukan observasi atau pengamatan terhadap makalah – makalah yang ada didalam situs internet yang membahas masalah Keamanan Mail dengan sistem PGP (Pretty Good Privacy). 

BACA JUGA

Ditulis Oleh : Mario Stroger // 11:26 AM

1 comment: