• Home
  • About
  • Contact
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Advertise
Tujuan I -  Pendidikan Online

Ahok Djarot Pilkada DKI

  • AHOK DJAROT PILKADA DKI
  • Home
  • DUNIA KESEHATAN
  • HUKUM PIDANA
  • MANAJEMEN
  • DAFTAR OBAT MUNTAH
  • SURAT LAMARAN KERJA
  • ▼
Home → Ilmu komunikasi → Peran Public relations

Peran Public relations

Unknown
Ilmu komunikasi
Saturday, September 28, 2013
Peran Public relations 

Public relations tentu memiliki peran yang sangat penting dalam suatu perusahaan atau lembaga, Menurut Oxley di dalam buku Community Relations konsep dan aplikasinya yang ditulis oleh Iriantara (2012:12-13), peran Public relations adalah : 

1. Memberi saran kepada manajemen tentang semua perkembangan internal dan eksternal yang mungkin mempengaruhi hubungan oreganisasi dengan publik-publiknya 

2. Meneliti dan menafsirkan untuk kepentingan organisasi, sikap public-publik utama pada saat ini atau antisipasi sikap public-publik utama terhadap organisasi. 

3. Bekerja sebagai penghubung (liaison) antara manajemen dan publik-publiknya dan 

4. Memberi laporan berkala kepada manajemen tentang semua kegiatan yang mempengaruhi hubungan publik dan organisasi. 

Sebagai tambahan Agung Laksmana (2010:7) dalam bukunya mengutip PR di group Virgin yang dimiliki Sir Richard Branson ini, “Kami selalu menempatkan PR pada posisi strategis bagi manajemen dalam pengambilan keputusan. Kami memandang PR bukan saja sebagai alat komunikasi dengan media, namun juga menjadi bagian penting dalam menumbuhkembangkan hubungan kami dengan pelanggan”. 

Sedangkan Rhenald Kasali (2003:27), dari perspektif yang berbeda menyatakan PR sebagai fungsi strategi dalam manajemen yang melakukan komunikasi guna melahirkan pemahaman dan penerimaan publik. 

Jadi penulis mengambil kesimpulan bahwa Public relations memiliki peran sebagai orang yang menghubungkan antara manajemen perusahaan terhadap public untuk menjembatani hubungam komunikasi,sehingga public relation dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan kedua belah pihak. 



 Fungsi Public relations 

Selain peran, Public relations mempunyai fungsi dalam pekerjaannya, seperti pendapat dibawah ini: 

Menurut Bertrand R. Canfield dalam bukunya Public relations Principles and Problema, PR/Humas berfungsi untuk (Widjaja. 2010:54) : 

1. Mengabdi kepentingan publik. 

2. Memelihara komunikasi yang baik 

3. Menitik beratkan moral dan tingkat laku yang baik. 

Fungsi Public relations secara garis besar adalah (Kriyantono. 2012:21) : 

1. Memelihara komunikasi yang harmonis antara perusahaan dan publiknya. 

2. Melayani kepetingan publik dengan baik. 

3. Memelihara perilaku dan moralitas perusahaan dengan baik. 

Jadi penulis mengambil kesimpulan bahwa fungsi Public relations adalah untuik menjembatani hubungan antara perusahaan dengan publiknya agar dapat terjalin komunikasi yang baik, sehingga perusahaan dapat mengetahui keinginan publik, dan publik juga dapat mengetahui apa yang dilakukan perusahaan. 



Tujuan Public relations 

Public relations tentu memiliki tujuan dalam perusahaannnya terutama kaitannya dengan publik, sehingga dalam pencapaian tujuan public relations dibutuhkan kesamaan visi dan misi antara semua pihak dalam perusahaan. 

Menurut Widjaja (20120:55), tujuan humas adalah untuk menciptakan, membina dan memelihara sikap budi yang menyenangkan bagi lembaga atau organisasi di satu pihak dan dengan publik di lain pihak dengan komunikasi yang harmonis dan timbal balik. 


Kegiatan Public relations 

Danandjaja (2100:31) membagi kegiatan Public relations menjadi dua, yaitu : 

1. Internal Public relations 

Merupakan suatu kegiatan Public relations yang menitik beratkan kegiatannya dengan publik yang ada dalam instansi atau perusahan tersebut, yaitu : 

a. Hubungan dengan publik karyawan (employee relations) 

b. Hubungan manusiawi (human relations) 

c. Hubungan dengan publik buruh 

d. Hubungan dengan publik pemegang saham (stockholder relations) 

2. Eksternal Public relations 

Merupakan salah satu bentuk dari kegiatan Public relations yang ditujukan kepada publik yang berada di luar perusahaan atau instansi, yaitu : 

a. Hubungan dengan pers (press relations/media relations) 

b. Hubungan dengan pemerintah (government relations) 

c. Hubungan dengan publik pelanggan (costumer relations) 

d. Hubungan dengan masyarakat (community relations) 

e. Hubungan dengan pihak pengedar (supplier relations) 

f. Hubungan dengan pendidikan (educational relations) 

Berdasarkan teori diatas, penulis menarik kesimpulan bahwa ruang lingkup Public relations terdiri dari dua, eksternal dan internal. Dan Public relations harus dapat menguasai situasi baik lingkungan dalam perusahaan maupun luar perusahaan seperti pengunjung atau pun pelanggan. Namun pada penelitian ini penulis memfokuskan hanya pada kegiatan Internal Public Relations di Mall Pondok Indah, karena penulis ingin meneliti mengenai strategi public relations yang dipakai di Mall Pondok Indah sehingga yang diteliti adalah kegiatan internalnya.
ADS HERE !!!

Newer Post
Older Post
Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Popular Posts

  • CODIPRONT (Codeine, Phenyltoloxamine)
    CODIPRONT (Codeine, Phenyltoloxamine)  Obat batuk dengan efek jangka panjang 10 – 12 jam  KOMPOSISI  Codipront Kapsul  Tiap Kapsul mengandun...
  • GARAMYCIN Krim, Salep (Gentamicin Sulfate)
    GARAMYCIN Krim, Salep (Gentamicin Sulfate)  Obat Generik : Gentamicin / Gentamisin Sulfat Obat Bermerek : Balticin, Bioderm, Dermabiotik, De...
  • Jenis - Jenis Obat Kortikosteroid
    Obat Kortikosteroid  Oradexon Tablet dan Injeksi ORADEXON Tablet, Suntik (Dexamethasone / Deksametason) Obat Generik : Dexamethasone...
  • BACTROBAN Krim / Salep Kulit (Mupirocin)
    Nama Obat Generik : Mupirocin / Mupirosin  Nama Obat Bermerek : Bactroban  KOMPOSISI / KANDUNGAN  Tiap 1 gram Bactroban Krim mengandung Mupi...
  • Contoh Latar Belakang Manajemen
    A.     Latar Belakang Manajemen  Sesungguhnya mulai kapan teori manajemen itu ada? Yaitu mulai sejak para pelaku usaha berkecimpung memi...
My Ping in TotalPing.com
My Ping in TotalPing.com

Labels

  • Cara Mengatasi Penyakit
  • Dunia Kesehatan
  • Hukum pidana
  • Manajemen

Popular Posts

  • CODIPRONT (Codeine, Phenyltoloxamine)
    CODIPRONT (Codeine, Phenyltoloxamine)  Obat batuk dengan efek jangka panjang 10 – 12 jam  KOMPOSISI  Codipront Kapsul  Tiap Kapsul mengandun...
  • GARAMYCIN Krim, Salep (Gentamicin Sulfate)
    GARAMYCIN Krim, Salep (Gentamicin Sulfate)  Obat Generik : Gentamicin / Gentamisin Sulfat Obat Bermerek : Balticin, Bioderm, Dermabiotik, De...

Pages

  • Home
Copyright © 2015 Tujuan I - Pendidikan Online . All rights reserved. My Notes Template. Simple Default Template edited by RT Media ™. Powered by Login