A. Pengantar
Salah satu tugas Kepala sekolah/madrasah adalah menemukan solusi terbaik dalam menghadapi tantangan, permasalahan, dan kendala-kendala di sekolah/madrasah. Untuk menemukan solusi terbaik tersebut, berikut disampaikan dua teori yang dapat dipraktikkan di sekolah/madrasah Anda, yaitu kreativitas dan pemecahan/solusi masalah.
B. Materi Pokok
1. Definisi Kreativitas
Kreativitas diartikan sebagai proses menggunakan imajinasi dan keahlian untuk melahirkan gagasan baru, asli, unik, berbeda atau bermanfaat (Couger, 1996; Linberg, 1998; Oldham dan Cummings, 1996). Kreativitas adalah kemampuan untuk merancang, membentuk, membuat, atau melakukan sesuatu yang baru (Anonim 3, 2005). Agar memiliki kreativitas, Kepala sekolah/madrasah perlu membuka pikiran dan mata (Anonim 3, 2005).
Seseorang yang kreatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
(1) cenderung melihat suatu persoalan sebagai tantangan untuk menunjukkan kemampuan diri;
(2) cenderung memikirkan alternatif solusi/tindakan yang tidak dilakukan oleh orang-orang pada umumnya atau bukan sesuatu yang sudah biasa dilakukan;
(3) tidak takut untuk mencoba hal-hal baru;
(4) tidak takut dicemoohkan oleh orang lain karena berbeda dari kebiasaan;
(5) tidak cepat puas terhadap hasil yang diperoleh;
(6) toleran terhadap kegagalan dan frustasi;
(7) memikirkan apa yang mungkin dapat dilakukan atau dikerjakan dari suatu kondisi, keadaan atau benda;
(8) melakukan berbagai cara yang mungkin dilakukan dengan tetap berdasar pada integritas, kejujuran, menjunjung sistem nilai, dan bertujuan positif
1. Tujuan Kepala sekolah/madrasah memiliki Kreativitas
Kepala sekolah/madrasah harus memiliki kreativitas agar apa yang dilakukan membawa perubahan-perubahan baru kearah yang lebih bagi sekolahnya/madrasahnya dan memiliki alternatif solusi terbaik untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi.
2. Cara Berkreativitas
Beberapa cara untuk mengembangkan/ meningkatkan kreativitas seseorang:
(1) curah pendapat (brain storming) adalah sebuah teknik untuk menghasilkan ide-ide baru;
(2) mengubah ide-ide yang sudah ada;
(3) mempelajari teknik berpikir kreatif dari buku-buku;
(4) mengikuti pendidikan dan pelatihan kreativitas dan mempraktikkannya;
(5) bergaul dengan orang-orang yang kreatif;
(6) pelajari proses perubahan ide;
(7) apresiasi terhadap seni
C. Contoh Kasus
Salah satu sekolah/madrasah di Ambon tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuat lapangan basket yang utuh (2 ring berhadapan), maka kepala sekolah/madrasah memutuskan untuk menyewa pelatih basket yang profesional untuk melatih siswa membentuk tim yang handal. Dengan bermodalkan 1 ring basket saja sekolah/madrasah tersebut mampu meraih juara basket tingkat propinsi. Disinilah wujud dari kreativitas untuk mencari solusi terbaik.
D. Latihan
Untuk semua kepala sekolah lihat Lampiran
E. Rangkuman
Kreativitas adalah kemampuan untuk merancang, membentuk, membuat, atau melakukan sesuatu dengan cara baru atau berbeda (Anonim 3, 2005). Seseorang yang kreatif memiliki 11 ciri. Kepala sekolah/madrasah/madrasah meiliki kreativitas sebagai alat untuk mendapatkan solusi terbaik. Cara mendapatkan solusi terbaik melalui kreativitas dengan 12 cara.