Sebuah Proyek Adalah :
Komplek, tidak rutin, usahanya dibatasi oleh waktu, anggaran, sumber daya dan spesifikasi k inerja yang disign untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
Tujuan manajemen Proyek :
tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan (Proyek-proyek yang berorientasi keuntungan terkait dengan perusahaan, jasa dan properti)
bersifat sosial benefit. (Proyek-proyek yang bergerak pada sektor publik atau pemerintahan)
berdasarkan tujuan di atas dapat disimpulkan bahwa manajer proyek harus mempertimbangkan kapan proyek dimulai dan kapan proyek dapat diakhiri dalam penjadwalan waktu yang tepat, sehingga proyek akan mempunyai nilai tambah (value added) dan nilai guna (value in use)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PROYEK
Misi Proyek
Berupa penentuan tujuan utama proyek dan menentukan arahan serta aturan umum yang akan digunakan dalam operasionalisasi proyek.
Tujuan :
Memberikan penjelasan kepada seluruh tim anggota proyek yang terlibat dalam operasional proyek
Dukungan Top Manajemen
Berupa kesediaan untuk menyediakan sumber daya dan wewenang demi kesuksesan proyek, karena top manajemen berperan sebagai tutor dan fasilitator dalam mengimplementasikan rencana terhadap tujuan organisasi
Tujuan
Top manajemen mempunyai komitmen terhadap kesuksesan proyek
Rencana Proyek
Penjadwalan dan rencana kerja yang berupa uraian rincian tentang spesifikasi keahlian tenaga kerja yang dibutuhkan serta rencana kerja rinci dari tahap ke tahap dalam operasional proyek
Tujuan
- Untuk menjamin proyek dapat terlaksana dengan efektif
- Sebagai alat ukur kemajuan oparionalisasi proyek
- Untuk mengetahui unsur kelayakan secara teknis maupun ekonomis
Konsultasi dengan pelanggan
Memberikan gambaran hasil yang dibutuhkan oleh pelanggan yang akan menjadi pemakai hasil proyek
Tujuan
Untuk memberikan dukungan terhadap pelaksanaan proyek
Pelaksana
Merupakan suatu peran yang menentukan keberhasilan suatu proyek
Tujuan
Untuk melakukan rekrutmen dan seleksi tenaga kerja sesuai dengan keterampilan pelaksanaan proyek
Tugas-tugas teknis
Ketersediaan peralatan, teknologi, dan keahlian yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek
Tujuan
- Menyediakan tenaga operasionalisasi proyek sesuai dengan kebutuhan
- Memanfaatkan peralatan teknologi dan keterampilan dalam menjalankan pekerjaan
Kepercayaan Pelanggan
Merupakan kesediaan menerima terhadap hasil kerja proyek
Tujuan
- pelanggan akan menerima hasil pekerjaan proyek
- menjaga tingkat intensitas hubungan pelaksana proyek dengan pemakai
Pengawasan dan umpan balik
Merupakan pengawasan menyeluruh terhadap seluruh aktifitas disetiap tahapan proyek dalam operasionalisasi proyek
Tujuan
- Sebagai pembanding antara realisasi dengan rencana
- Pemimpin proyek agar memiliki kemampuan untuk mengantisipasi masalah
- Untuk menjaga penilaian pelaksanaan dan memastikan tidak ada satupun pekerjaan yang tertinggal
Komunikasi
Interaksi informasi dan data terkini untuk seluruh pelaku dalam operasional proyek
Tujuan
- Untuk memfasilitasi masing-masing variabel penentu kesuksesan proyek
- Untuk memberikan informasi yang terbaru antara pihak yang terlibat dalam pelaksanaan proyek
Pemecahan Masalah
Kemampuan untuk menangani keadaan kritis yang tidak diharapkan
Tujuan
- Agar mampu mengendalikan jika terjadi penyimpangan dan yang direncanakan
- Perlunya mekanisme pemecahan masalah yang ditetapkan dalam rencana operasional proyek.
- Untuk mempermudah menejer proyek dalam mengatasi masalah dan mengatasi masalah potensial yang timbul
ADS HERE !!!