1. Bentuk Bentuk Efisiensi Pasar
Fama ( 1970 ) yang pertama kali mengutarakan adanya 3 macam bentuk utama dari efisiensi pasar berdasarkan ketiga macam bentuk dari informasi, yaitu informasi masa lalu, informasi sekarang yang dipublikasikan dan informasi privat. Tujuan dari Fama membedakan kedalam tiga macam bentuk pasar efisien ini adalah untuk mengklasifikasikan penelitian empiris terhadap efisiensi pasar.
Berdasarkan klasifikasi Fama, kemudian Francis ( 1993 ) membagi bentuk efisiensi pasar berdasarkan 3 golongan, yaitu :
a. Efisiensi pasar bentuk lemah ( Weakly Efficient Markets )
Pasar dikatakan efisien bentuk lemah ( Weakly Efficient Markets ) jika harga-harga dari sekuritas tercermin secara penuh ( fully reflect ) informasi masa lalu. Informasi masa lalu ini merupakan informasi yang sudah terjadi. Bentuk efisiensi pasar secara lemah ini berkaitan dengan teori langkah acak ( random walk theory ) yang menyatakan bahwa data masa lalu tidak berhubungan dengan nilai sekarang. Jika pasar efisien secara bentuk lemah, maka nilai-nilai masa lalu tidak dapat digunakan untuk memprediksi harga sekarang. Ini berarti bahwa pasar yang efisien bentuk lemah, investor tidak dapat menggunakan informasi masa lalu untuk mendapatkan keuntungan yang tidak normal.
b. Efisiensi pasar bentuk setengah kuat ( Semistrongly Efficient Markets )
Pasar dikatakan efisien setengah kuat ( Semistrongly Efficient Markets ), jika harga-harga sekuritas secara penuh mencerminkan ( fully reflect ) semua informasi yang dipublikasikan ( all publicly available information ) termasuk informasi yang berada di laporan-laporan keuangan perusahaan emiten.
Informasi yang dipublikasikan dapat berupa informasi sebagaimana tersebut dibawah ini :
- Informasi yang dipublikasikan yang hanya mempengaruhi harga sekuritas dari perusahaan yang mempublikasikan informasi tersebut. Informasi yang dipublikasikan ini merupakan informasi dalam bentuk pengumuman oleh perusahaan emiten. Informasi ini umumnya berhubungan dengan peristiwa yang terjadi di perusahaan emiten ( corporate event ). Contoh dari informasi ini, misalnya adalah pengumuman laba, pengumuman pembagian deviden, pengumuman pengembangan produk baru, pengumuman merger dan akuisisi, pengumuman perubahan metode akuntansi, pengumuman penggantian pemimpin perusahaan dan lain sebagainya.
- Informasi yang dipublikasikan yang mempengaruhi harga-harga sekuritas sejumlah perusahaan. Informasi ini dapat berupa peraturan pemerintah atau peraturan dari regulator yang hanya berdampak pada harga-harga sekuritas perusahaan-perusahaan yang terkena regulasi tersebut. Contoh dari informasi ini, misalnya regulasi untuk meningkatkan kebutuhan cadangan ( reserved requirement ) yang harus dipenuhi oleh semua bank-bank. Informasi semacam ini akan mempengaruhi secara langsung harga sekuritas tidak hanya pada sebuah bank saja, tetapi mungkin semua emiten di dalam industri jasa perbankan.
- Informasi yang dipublikasikan yang mempengaruhi harga-harga sekuritas semua perusahaan yang terdaftar di pasar saham. Informasi jenis ini dapat berupa peraturan pemerintah atau peraturan dari regulator yang berdampak ke semua perusahaan emiten. Contoh dari regulasi semacam ini adalah peraturan akuntansi untuk mencantumkan laporan arus kas yang harus dilakukan oleh semua perusahaan. Regulasi ini akan mempunyai dampak ke harga sekuritas tidak hanya untuk sebuah perusahaan saja atau perusahaan-perusahaan dalam suatu industri tertentu, akan tetapi mungkin akan berdampak secara langsung pada semua perusahaan dari berbagai macam industri yang ada dan terdaftar di pasar saham.
c. Efisiensi pasar bentuk kuat ( Strongly Efficient Markets )
Pasar dikatakan efisien dalam bentuk kuat ( Strongly Efficient Markets ), jika harga-harga sekuritas secara penuh mencerminkan ( fully reflect ) semua informasi yang tersedia, termasuk informasi privat. Jika pasar efisien dalam bentuk ini, maka tidak ada individual investor atau grup dari investor yang dapat memperoleh keuntungan tidak normal karena mempunyai informasi privat. Informasi privat ini bisa diperoleh dari insider information. Pengujian efisiensi bentuk kuat dilakukan terhadap hipotesa yang menyatakan bahwa harga saham tidak hanya mencerminkan semua informasi yang dipublikasikan, akan tetapi juga informasi yang mungkin tidak diketahui umum.
ADS HERE !!!