Komunikasi Massa
Komunikasi sekarang kian pesat dan rumit hal itu menunjukan adanya perkembangan dan kemajuan dalam berkomunikasi saat ini. Komunikasi tidak terlepas dari komunikasi massa yang memiliki beberapa definisi sebagai berikut.
Menurut Joseph A. Devito ( Nurudin, 2007:11) Pertama, komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak yang luar biasa banyaknya. Ini tidak berartu bahwa khalayak meliputi seluruh penduduk atau semua orang yang membaca atau semua orang yang menonton televisi, agaknya ini tidak berarti pula bahwa khalayak itu besar dan pada umumnya agak sukar untuk didefinisikan. Kedua, komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan pleh pemancar-pemancar yang audio dan atau visual. Komunikasi massa lebih logis bila didefinisikan menurut bentuknhya (televisi, radio, surat kabar, majalah, film, buku, dan pita).
Pernyataan diatas didukung oleh pendapat menurut Jay Black dan Frederick C. Whitney (Nurudin, 2007:12) komunikasi massa adalah sebuah proses dimana pesan-pesan yang diproduksi secara massal atau tidak sedikit itu disebarkan kepada massa penerima pesan yang luas, anonim, dan heterogen.
Jadi penulis mengambil kesimpulan bahwa komunikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan untuk masyarakat banyak yang melalui media massa,baik cetak maupun elektronik.
Public relations
Pada zaman ini tentu setiap orang menginginkan hubungan komunikasi yang terjalin baik yang terus ingin dibina. Dalam membina hubungan baik tentu ada hal yang akan saling mempengaruhi dan hal tersebut sudah termasuk ke dalam kegiatan Public relation.
Pengertian Public relations menurut Dr. Rex F. Harlow (Nova, 2009:35) adalah fungsi manajemen yang khas yang membantu pembentukan dan pemeliharaan garis komunikasi dua arah, saling pengertian, penerimaan, dan kerja sama antara organisasi dan masyarakatnya membantu manajemen untuk selalu mendapatkan informasi dan merespon pendapat umum, mendeifinisikan dan menekankan tanggung jawab manajemen dalam melayani kepentingan masyarakat, membantu manajemen mengikuti dan memanfaatkan perubahan dengan efektif, berfungsi sebagai sistem peringatan awal untuk membantu mengantisipasi krisis, dan menggunakan riset serta komunikasi yang logis dan etis sebagai sarana utamanya.
Seperti yang dikutip dalam jurnal Davis pengertian public relations adalah salah satu bentuk komunikasi yang bertujuan menciptakan kerja sama dan hubungan yang harmonis antara suatu lembaga/perusahaan dengan publik, baik publik internal maupun eksternal. PR didefinisikan sebagai manajemen komunikasi antara suatu organisasi dan publiknya. Secara detail, PR didefinisikan sebagai komunikasi yang dilakukan oleh suatu organisasi dengan orang-orang yang berkepentingan guna mendapatkan perhatian
mereka dengan menggunakan cara-cara yang menguntungkan. Dengan demikian, kedudukan PR dalam suatu lembaga atau perusahaan adalah sebagai suatu organisasi
yang berfungsi sebagai metode untuk membangun kepercayaan publik.
Berdasarkan definisi di atas penulis mengambil kesimpulan bahwa Public relations adalah fungsi manajemen yang mempengaruhi masyarakat agar perusahaan memiliki citra yang positif.
ADS HERE !!!